Apple telah meluncurkan seri iPhone 14 baru dan sekarang saatnya untuk melihat bagaimana kinerjanya. Seri keluaran baru Apple ini memang lebih cepat dari pendahulunya dan juga memiliki kamera yang lebih baik. Tetapi masa pakai baterai tidak sebaik sebelumnya, serta terdapat beberapa masalah performa. Namun beberapa masalah tersebut bisa kamu atasi dengan beberapa tips meningkat performa iPhone 14 berikut ini.

1. Cara Mengoptimalkan Penggunaan Baterai iPhone & Meningkatkan Masa Pakai Baterai

Salah satu poin masalah yang ramai disinggung banyak orang pada iPhone 14 adalah penurunan performa baterai dari versi sebelumnya. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengoptimalkan penggunaan baterai di iPhone Anda. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda meningkatkan masa pakai baterai iPhone 14:

  • Matikan penyegaran aplikasi latar belakang di pengaturan
  • Matikan layanan lokasi untuk aplikasi yang tidak membutuhkannya
  • Sesuaikan kecerahan layar
  • Matikan notifikasi untuk aplikasi yang tidak sering atau sama sekali tidak Anda gunakan
  • Matikan Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan
  • Kurangi jumlah email, kalender, dan kontak yang disinkronkan

2. Cara Mempercepat Proses Pemulihan Sistem IOS Anda

Proses pemulihan sistem iOS adalah proses yang sangat panjang. Kita bisa menunggu berjam-jam hingga prosesnya selesai dan pada akhirnya hanya membuat kita frustrasi.

Untuk masalah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut Iphone 14 System Optimization Tool untuk mempercepat proses pemulihan sistem. Perangkat lunak ini akan membiarkan Anda memulihkan perangkat Anda tanpa harus melalui semua langkah yang biasanya terlibat dalam pemulihan sistem penuh.

Manfaat utama aplikasi ini adalah alat ini memungkinkan Anda melakukan lebih dari sekadar memulihkan perangkat dari kerusakan atau serangan virus. Ini juga akan memungkinkan Anda mengoptimalkan perangkat Anda sehingga berjalan lebih baik dan lebih cepat dari sebelumnya.

3. Gunakan “Mode Daya Rendah” iOS untuk Peningkatan Performa

Apple selalu dikenal dengan inovasi dan kualitasnya. Perusahaan tidak hanya menyediakan fitur terbaik di perangkat mereka, tetapi juga memberi pengguna kesempatan untuk menghemat masa pakai baterai mereka.

Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan Apple adalah Low Power Mode atau Mode Daya Rendah. Mode Daya Rendah adalah mode hemat daya khusus yang menonaktifkan fitur seperti penyegaran aplikasi latar belakang dan beberapa efek visual untuk membantu baterai iPhone Anda bertahan lebih lama.

Mode ini dirancang untuk memungkinkan Anda tetap menggunakan iPhone selama mungkin sebelum memerlukan lebih banyak daya baterai. Saat Anda memiliki kurang dari 20% baterai tersisa, Mode Daya Rendah secara otomatis menyala.

Jika Anda menggunakan iPhone 14 dan ingin menghemat masa pakai baterai, kami sarankan untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah di perangkat Anda. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Pengaturan> Baterai> Mode Daya Rendah dan nyalakan!

4. Tips Meningkatkan RAM untuk Pemrosesan Lebih Cepat dan Lebih Responsif

Fungsi utama RAM (Random Access Memory) pada perangkat apapun adalah untuk menyimpan data sehingga dapat diakses dengan cepat saat dibutuhkan. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki RAM dalam jumlah besar, perangkat Anda akan dapat memproses tugas lebih cepat dan lebih efisien daripada jika memori yang tersedia untuk digunakan lebih sedikit.

Untungnya iPhone 14 memiliki fitur pengoptimalan RAM yang telah lama ditunggu-tunggu yang membantu membuatnya lebih responsif dan lebih cepat.

Fitur ini bersifat bawaan, jadi kamu tidak perlu melakukan apapun untuk mengaktifkannya. Tetapi jika itu masih terasa kurang, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga untuk membersihkan RAM. Selengkapnya akan dijelaskan setelah ini.

5. Bersihkan Sampah Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebagai hasil dari meningkatnya penggunaan smartphone, ada peningkatan jumlah data sampah di telepon. Data ini dapat digunakan untuk melacak pergerakan Anda, mencari tahu apa yang Anda lakukan, dan bahkan mencuri informasi Anda. Semua sampah ini menghabiskan ruang di ponsel Anda dan memperlambatnya.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh untuk membersihkan ponsel Anda dan membuatnya berjalan lebih lancar lagi. Salah satu aplikasi populer adalah PhoneClean dari iMobie Inc. Tetapi yang terbaik adalah Clean Memory Junk.

Clean Memory Junk adalah aplikasi yang membantu Anda membuang semua file sampah di iPhone agar dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Ini juga memiliki fitur lain, seperti:

  • Bersihkan file sampah untuk mengosongkan ruang
  • Hapus cache
  • Hapus riwayat
  • Hapus teks lama
  • Hapus foto lama
  • Pengoptimalan RAM

6. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan atau File yang Diunduh Dari Perangkat

Penuhnya penyimpanan internal bisa menjadi penyebab menurunnya performa di seluruh device apapun, dan dikebanyakan kasus hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstall serta bergambam file yang kamu unduh dari browser maupun aplikasi.

Tips untuk mengatasi hal ini cukup mudah, kamu hanya perlu menghapus aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi.

Kamu juga perlu membersihkan file-file unduhan yang sudah lama dan tidak berguna, biasanya file-file ini kamu unduh lewat browser atau aplikasi seperti WhatsApp dan sebagainya. Kamu bisa menemukan file-file tak berguna tersebut di folder unduhan browser maupun aplikasi.

Dari sini seharusnya kamu sudah memiliki gambaran lebih lanjut mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan performa iPhone 14. Melakukan usaha pengoptimalan performa tentunya juga akan berguna untuk memperpanjang umur dari gadget yang kamu pakai.